Mewaspadai aplikasi pinjaman online ilegal tentu menjadi hal yang perlu dilakukan bagi setiap orang. Apalagi dengan maraknya aplikasi pinjol yang kini semakin banyak tersebar di media sosial. Tentunya mengetahui apa saja daftar pinjol ilegal yang ada di Indonesia menjadi hal penting.

Memahami apa ciri-ciri dari aplikasi ilegal seperti ini juga menjadi poin lain yang sebenarnya harus mulai diperhatikan oleh masyarakat supaya terhindar dari penipuan. Lalu, apa saja sih daftar pinjol ilegal yang perlu diwaspadai? Berikut ulasannya :

Mengenal 10 Daftar Pinjol Ilegal

Mengenal aplikasi pinjaman online ilegal menjadi hal yang penting diketahui pada era modern yang menawarkan berbagai hal secara instan. Fintech atau yang biasa disebut sebagai pinjol ini bahkan kini begitu mudah beredar di sekitar masyarakat. Tentunya dunia maya menjadi incaran utama.

Hal inilah yang kemudian membuat OJK begitu gencar dalam mengawasi semua fintech yang kini beredar di masyarakat. Bahkan terakhir OJK telah mencabut 46 aplikasi pinjaman online yang tidak mendaftarkan perusahaannya pada OJK dan tidak memenuhi syarat pinjol yang legal.

Biasanya modus dari pinjol ilegal ini menawarkan melalui chat atau pun SMS. Memberikan penawaran berupa pinjaman online dengan nominal besar dan proses yang mudah. Hal inilah yang kemudian perlu diwaspadai oleh masyarakat karena pinjol legal tentu tidak akan menawarkan pinjaman dengan cara seperti ini.

  • Prima Tunai.
  • Fund Cash.
  • Doit.
  • DanaBag.
  • Good Dana.
  • Pinjaman Kelinci.
  • KSP Fast Loan.
  • Setor Tunai.
  • Bantu Rakyat.
  • SakuAku.

Menilik Ciri-ciri Pinjol Ilegal

Mengetahui ciri-ciri dari aplikasi pinjaman online ilegal juga menjadi hal yang penting untuk diketahui oleh masyarakat. Melalui adanya pemahaman tentang ciri-ciri dari pinjol ilegal ini tentunya nanti masyarakat juga bisa lebih berhati-hati bila menemui adanya penawaran yang dilakukan.

Ciri-ciri yang dari pinjol ilegal ini nantinya akan memiliki 7 kualifikasi umum yang tentunya menjadi hal utama yang bisa diwaspadai oleh masyarakat. Nah, lalu apa saja ciri-cirinya? Simak ulasannya berikut :

1. Sering Spam SMS

Ciri-ciri aplikasi pinjaman online ilegal yang pertama adalah seringkali adanya spam SMS yang dilakukan oleh pihak terkait dari aplikasi. Biasanya spam yang dilakukan ini adalah bentuk penawaran pinjaman dengan nominal besar dan proses yang cepat.

Spam yang dilakukan pinjol ini bahkan tidak hanya sekali dua kali dilakukan pada nomor yang berbeda. Hal ini biasanya dilakukan dengan terus menerus dengan kalimat yang sama. Tentunya hal ini yang tidak mungkin dilakukan fintech legal.

2. Tidak Memiliki Identitas Perusahaan yang Jelas

Fintech ilegal juga tidak memiliki identitas perusahaan yang jelas. Biasanya pada promosi yang dilakukan aplikasi pinjol ilegal ini tidak pernah mencantumkan alamat dari perusahaan.

Inilah tentunya yang harus diwaspadai oleh masyarakat apabila mendapatkan promosi dari fintech seperti ini. Melakukan kroscek tentang perusahaan pemberi jasa tersebut tentu menjadi penting untuk dilakukan sebelum menggunakan jasa terkait.

3. Meminta Akses Kontak

Pinjol ilegal juga seringkali meminta daftar kontak yang ada di ponsel. Bahkan kontak yang diminta oleh fintech ilegal ini tidak hanya satu ataupun dua. Biasanya hal ini dilakukan untuk melakukan penagihan pada pihak terkait.

4. Melakukan Pemaksaan dalam Penagihan

Proses penagihan yang dilakukan dengan cara meneror nasabah secara terus menerus melalui chat juga SMS. Bahkan penagihan ini pun seringkali dikirimkan kepada nomor-nomor orang lain yang memiliki hubungan dengan pihak yang meminjam uang.

Beberapa pinjol bahkan juga melakukan penagihan yang melanggar etika seperti halnya menyebarkan foto dari pihak peminjam dan lain sebagainya. Tentunya hal inilah kemudian yang perlu diwaspadai oleh masyarakat.

5. Jangka Waktu Pelunasan Tidak Sesuai Kesepakatan

Pada jangka waktu penagihan yang dilakukan oleh jasa ilegal ini pun seringkali dilakukan tidak sesuai dengan waktu yang disepakati pada awal peminjaman. Bahkan apabila pada saat penagihan dilakukan dan pihak peminjam tidak membayar maka, pihak yang meminjam akan dikenakan sanksi bunga lebih besar

6. Berbunga Tinggi

Bunga yang tinggi juga menjadi ciri-ciri lain dari pinjol ilegal yang seringkali ditawarkan oleh pihak terkait. Namun, biasanya bunga yang ditetapkan ini tidak akan dikomunikasikan pada saat awal penawaran pinjaman.

Pihak peminjam akan mendapatkan tagihan bunga yang membengkak pada saat mendapatkan tagihan pinjaman dari pihak terkait. Penagihan yang dilakukan inipun biasanya dilakukan dengan pemaksaan dan spam yang dilakukan pada nomor tertera.

7. Pinjaman Tinggi

Pada dasarnya pinjaman, bunga dan batas pelunasan hutang di pinjol legal akan selalu memiliki batasan aturan dari OJK. Hal inilah yang kemudian tidak dimiliki oleh pinjol ilegal dimana pinjaman yang ditawarkan sangat tinggi.

Bahkan terkadang jumlah pinjaman yang ditawarkan bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta. Padahal nilai pinjaman pada nominal ini tentunya akan memiliki syarat yang lebih rumit.

Menilik Bahaya Pinjol Ilegal

Tentunya mengetahui bahaya yang ada dari pinjol ilegal juga menjadi hal yang perlu diwaspadai oleh masyarakat supaya bisa terhindar dari masalah kedepannya. Apalagi dengan semakin maraknya penipuan pinjol yang terjadi akhir-akhir ini. Lalu, apa saja bahaya dari pinjol ilegal ini? Berikut 2 diantaranya :

1. Bunga dan Denda yang Tinggi

Mendapatkan risiko bunga dan denda dari pinjaman yang tinggi menjadi resiko pertama yang bisa saja didapatkan oleh seseorang yang menggunakan jasa ilegal ini. Target pihak terkait yang ingin mendapatkan banyak pendapatan bunga dan denda dari nasabah tentu menjadi satu hal yang membuat kerugian mengintai pihak peminjam.

2. Penyalahgunaan Identitas

Penyalahgunaan identitas juga menjadi bahaya dari pinjol ilegal ini. Adanya penyalahgunaan identitas ini biasanya dilakukan untuk kepentingan pribadi untuk menipu dan lain sebagainya. Hal ini tentu menjadi resiko yang harus diwaspadai oleh masyarakat.

Nah, itulah tadi sekilas tentang aplikasi pinjaman online ilegal yang perlu diwaspadai oleh masyarakat. Memahami ciri-ciri dari aplikasi ilegal seperti ini tentu bisa menjadi mawas diri bagi setiap orang supaya terhindar dari penipuan yang bisa saja terjadi.

Lanjutkan Di Bawah ini

Unduh Disini