Saat ini, pinjaman online bukanlah produk yang aneh untuk dimanfaatkan. Banyak aplikasi bantuan yang sudah menyediakan layanan serupa, Shopee Pinjaman misalnya. Pengguna aplikasi Shopee tentunya bisa memanfaatkan layanan ini untuk mendapatkan bantuan dana. Cara mengaktifkan Shopee Pinjaman sendiri sangatlah mudah.

Sebelum mengajukan pinjaman, Shopee pinjaman ini perlu untuk diaktifkan terlebih dahulu. Untuk mengaktifkan layanannya, maka ada beberapa poin langkah yang harus dilakukan. Semua poin penting ini akan dijelaskan secara menyeluruh pada pembahasan kali ini. Simak semuanya secara mendalam di bawah ini :

Seluk-beluk Mengenai Shopee Pinjaman

Shopee Pinjaman adalah sebuah produk layanan yang diluncurkan oleh Shopee untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dana secara cepat. Bagi yang belum tahu, layanan ini tidak bisa dipakai oleh siapa pun. hanya pengguna tertentu yang diberi fasilitas layanan sesuai dengan kemampuannya.

Layanan ini berbeda dengan Shopee Pay Later. Kalau Shopee Pay Later dipakai untuk membayar barang dan melunasinya saat masa jatuh tempo, sedangkan Shopee Pinjaman langsung mencairkan uang ke rekening. Shopee Pinjaman juga bisa dimanfaatkan oleh penjual yang menjual produk di aplikasi Shopee.

Untuk menggunakan layanan ini, cara mengaktifkan Shopee Pinjaman harus dipraktikkan. Tanpa mengaktifkan layanannya, maka pengguna tidak bisa mengajukan pinjaman. Jumlah pinjaman yang bisa diajukan antara 200 ribu rupiah hingga 3 juta rupiah. Dibandingkan pinjaman online lain, nominal ini terbilang banyak.

Dalam satu kali pinjaman, bunga yang diberikan untuk pengguna memiliki besaran yang berbeda-beda. Bunga paling kecil adalah 2,45 persen. Penetapan bunga akan lebih kecil untuk penjual. Jika jangka waktu pelunasan lama, maka nilai bunga bisa lebih besar. Maka dari itu, sebelum meminjam pastikan untuk melakukan perhitungan dengan baik.

Syarat Mengaktifkan Layanan Shopee Pinjaman

Untuk mengaktifkan layanan ini, tentu ada beberapa poin syarat mutlak yang harus dipenuhi. setiap syarat harus dimiliki tanpa ada yang terlewat. Karena jika ada yang kurang, maka prosesnya tidak akan bisa dilakukan oleh siapa pun. Lalu bagaimana dengan syaratnya? Berikut adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi :

1. Nomor Ponsel Aktif dan Nomor Darurat

Syarat pertama yang harus dilengkapi adalah memiliki nomor aktif dan nomor darurat. Nomor aktif ini harus nomor yang dipakai dalam keseharian. Jika memasukkan nomor yang jarang dipakai, maka pihak Shopee akan kesulitan untuk memberikan informasi terbaru. Poin ini penting untuk dipahami lebih baik bagi setiap pengguna.

Nomor darurat juga harus dipenuhi. Jumlah nomor darurat yang harus dimasukkan adalah sebanyak dua nomor. Nomor yang dipakai sebagai nomor darurat haruslah milik orang terdekat yang sering berkomunikasi. Bisa nomor orang tua, nomor saudara, atau nomor milik teman yang memiliki hubungan dekat.

2. Rekening Bank Aktif

Selain nomor pribadi dan nomor darurat, pengguna juga harus memiliki rekening bank yang masih aktif. Hal ini harus dipastikan dengan baik sebelum mengajukan pinjaman. nantinya, uang yang akan dicairkan akan langsung dikirim ke rekening pribadi. Jika tidak aktif, maka pihak Shopee akan kesulitan untuk mencairkan dananya

Jenis rekening bank yang dipakai bisa apa saja, tidak ada batasan. Asal masih aktif dan bisa dipakai untuk mengirim uang, maka sudah memenuhi syarat. Nantinya, nomor rekening yang dipakai harus dimasukkan dalam kelengkapan data diri. Pastikan untuk mengisinya secara lengkap dan benar agar tidak ada hambatan yang muncul.

3. Memiliki KTP

Syarat terakhir yang harus dipenuhi adalah KTP yang masih aktif. Penggunaan KTP ini ditujukan untuk memverifikasi data pribadi yang dimiliki. Jika tidak ada KTP aktif, maka proses pengajuan tidak akan bisa dilakukan. Hal ini merupakan syarat wajib yang tidak bisa diganti dengan dokumen lain sebagai pendukungnya.

Melalui syarat ini, maka sudah bisa diketahui jika yang masih di bawah umur tidak bisa melakukan pinjaman di Shopee Pinjaman. Dengan mengumpulkan data diri dan foto KTP, maka pihak Shopee bisa mengecek data yang berhubungan dengan nama yang tertera. Jika diketahui ada permasalahan dengan pinjaman lain, maka proses pengajuan tidak bisa dilakukan.

Cara mengaktifkan Shopee Pinjaman

Agar pengajuan pinjaman bisa dilakukan, maka harus mengaktifkan layanannya dulu. Cara mengaktifkan Shopee Pinjaman bisa dilakukan dengan beberapa rangkaian proses. Setiap langkah harus dipraktikkan secara sistematis agar prosesnya bisa selesai. Untuk mengetahuinya, simak urutan langkahnya di bawah ini :

  • Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah membuka aplikasi Shopee yang ada di perangkat.
  • Setelah itu, masuk ke bagian menu “Saya” yang letaknya ada di barisan paling kanan.
  • Dalam menu “Saya”, akan ada beberapa bagian yang bisa dipilih. Pencet saja pilihan “ShopeePinjam” yang letaknya ada di atas.
  • Saat dialihkan ke halaman baru, segera pencet tombol “Aktifkan Sekarang” untuk mengaktifkan layanan Shopee Pinjaman.
  • Apabila saat membuat akun Shopee tidak menambahkan nomor telepon, maka pada langkah ini nomor telepon harus dimasukkan dan pencet tombol “Lanjut”.
  • Apabila ada kode OTP yang dikirim via SMS, segera masukkan kodenya ke dalam bagian kolom yang tersedia. Kode ini sifatnya rahasia. Jadi jangan berikan pada siapa pun termasuk pihak Shopee.
  • Kemudian masukkan nomor darurat sebanyak dua buah. Nomor darurat ini harus milik orang terdekat.
  • Setelah itu, lakukan verifikasi wajah dengan mengikuti arahan yang ada. Terkadang, proses verifikasi wajah ini akan mengalami error. Jika terjadi hal seperti ini, maka lakukan pembaruan pada layanan Google Play.
  • Jika sudah menyelesaikan verifikasi wajah, maka harus menunggu pihak Shopee memprosesnya.
  • Apabila disetujui, maka akan ada notifikasi bantuan yang masuk ke akun Shopee beserta limit yang sudah diberikan.

Demikian penjelasan mengenai cara mengaktifkan Shopee Pinjaman dengan prosedur yang mudah dipraktikkan. Semua langkah di atas jangan sampai ada poin yang tertinggal. Jika ada yang tertinggal, maka proses mengaktifkan tidak bisa diselesaikan dengan benar. Semua seluk-beluknya juga sudah dijelaskan sehingga bisa dijadikan referensi tambahan sebelum memakai layanannya.

Lanjutkan Di Bawah ini

Unduh Disini